Sabtu, 05 Juni 2010

Leraning Korean

saya ingin berbagi dengan teman2 blogger yang lain "about korean language" walaupun hanya sedikit yang bisa saya sampaikan dan saya pun masih amatiran hehehe...
disini saya akan memaparkan dari yang dasar nya terlebih dahulu.

* Hai :: Annyeong
* Halo (di telepon) :: Yeoboseyo
* Selamat jalan (buat orang yang pergi) :: Jal ga -informal-
Annyeonghi kaseyo -formal-
* Selamat tinggal (buat orang yang tinggal) :: Jal isseo -informal-
Annyeonghi kyesayo -formal-
* Aduh :: Aigo !
* Bagaimana :: Ottoke
* Sorry : Mianhae
* I know :: Arrasseo
* Pasti, tentu :: Geuromyeon
* Mau pergi kemana? :: Eodi kayo?
* Apa kabar? :: Eotteosimnikka?
* I love you :: Saranghaeyo


kemudian, saya akan memberikan contoh kalimat dalam bahasa korea
1. Naneun neoeui saesangnimimnikka :: Saya adalah guru kamu

= Naneun :: aku (kalau menjadi topik)
= neoeui :: punya mu (read::Neoye)
= saesangnim :: guru
= imnikka :: kata akhiran atau yang disebut dengan final ending

2. Geu sarami chaegeul ilgeoyo :: dia membaca buku

= Geu sarami :: Dia
i - saram "i" :: menunjukkan Subjek

= Chaegeul :: buku
eul - chaeg "eul" :: menunjukkan Objek

= ilgeoyo :: membaca
eoyo - ilg "eoyo" :: merupakan kata
akhiran atau disebut final ending


dalam bahasa korea di setiap kata selalu ada akhiran nya jelas nya seperti ini ::

buat penanda Subjek :: "ga" (untuk kata yang akhiran nya vocal)
" i " ( untuk kata yang akhiran nya konsonan)
kalau Subjek formal kata akhiran nya menggunakan kkeseo yaitu untuk orang yang di hormati

untuk penanda Objek :: " reul" (untuk kata yang akhiran nya vocal)
"eul" (untuk kata yang akhiran nya konsonan)



bahasa korea ini saya dapet dari belajar privat sama teman baik saya, mudah-mudah an bisa bermanfaat buat semua nya dan untuk yang sudah mahir dalam bahasa korea mohon koreksian nya yaa so buat teman2 yang minat belajar bahasa korea yuukkkk sharing barenggg.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar